Jumat, 30 Maret 2012

fungsi konsumsi dan fungsi tabungan


Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan
             Seperti telah dinyatakan sebelum ini,dalam analisis mickro ekonomi yang lebih penting bukanlah melihat konsumsi dan tabungan sesuatu rumah tangga,tetapi melihat kepada konsumsi dan tabungan smua rumah tangga dalam perekonomian.Pengeluaran konsumsi dan smua rumah tangga dalam perekonomian dinamakan,seperti telah dinyatakan sebelum ini, konsumsi agregat dan tabungan semua rumah tangga dalam perekonomian dinamakan tabungan agregat.
            Untuk menunjukan kelakuan rumah tangga dalam perekonomian melakukan konsumsi dan tabungan analisis mikro ekonomi selalu melihat cirri-cirinya dengan menghubungkan kedua variabel tersbut dengan pendapatan nasional.
i.                    Fungsi konsumsi adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan diantara tingkat konsumsi rumah tangga dalam perekonomian dengan pendapatan nasional (atau pendapatan disposebel ) perekonomian tersebut.
ii.                  Fungsi tabungan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan diantara tingkat tabungan rumah tangga dalam perekonomian dengan pendapatan nasional (atau pendapatan disposebel ) perekonomian tersebu
 Penentu-penentu investasi
         Investasi (penanaman modal )
             Investasi,yang lazim di sebut juga dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal merupakan komponen kedua yang menentukan tingkat pengeluaran agregat. Dengan demikian istilah investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau perbelanjaan penanam-penanam modal  atau perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan perlengkapan-perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan memproduksi barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Funsi investasi
Kurva yang menunjukan perkaitan diantara tingkat-tingkat investasi dan tingkat pendapatan nasional di namakan fungsi investasi.

PENENTU – PENENTU TINGKAT  INVESTASI
       Berbeda yang di lakukan oleh para konsumen ( rumah tangga ) yang membelanjakan bahagian terbesar dari pendapatan mereka untuk membeli barang dan jasa yang mereka butuhkan,penanam- penanam modal melakukan investasi bukan untuk memenuhi kebutuhan mereka tetapi untuk mencari keuntungan.Dengan demikian banyakny keuntungan yang akan di peroleh besar sekali perananya dalam menentukan tingkat investasi yang akan di lakukan oleh para pengusaha.Disamping oleh harapa di masa depan untuk memperoleh untung,terdapat beberapa factor lain yang akan menemukan tingkat investasi yang akan di lakukan dalam perekonomian . Faktor – factor utama yang menentukan tingkat investasi adalah:
i      Tingkat keuntungan investasi yang di ramalkan akan di peroleh
ii     Tingkat bunga
iii    Ramalan mengenai keadaan ekonomi di masa depan
iv    Kemajuan teknologi
v     Tingkat pendapatan nasional dan perubahan – perubahannya
vi    keuntungan yang di peroleh dari perusahan- perusahan
Keseimbangan pendapatan nasional dalam perekonomian dua sektor


           Yang dimaksud dengan perekonomian dua sektor adalah perekonomian yang terdiri dari sektor rumahtangga dan perusahaan.
Pandangan Keynes yang berpendapat tingkat konsumsi dan tabungan terutama ditentukan oleh tingkat pendapatan rumahtangga.
Dibawah ini diterangkan beberapa factor lain yang mempengaruhi tingkat konsumsi dan tabungan rumahtangga.

1. kekayaan yang telah terkumpul
2. tingkat bunga
3. sikap berhemat
4. keadaan perekonomian
5. distribusi pendapatan
6. tersedia tidaknya dana pensiunan yang mencukupi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar